Senin, 03 Oktober 2011

SISTEM OPERASI PADA WINDOWS

Sistem Operasi pada Windows disini terbagi dalam beberapa aspek,  yaitu :
  1. Sejarah singkat perkembangan windows
  2. Kelebihan dan kekurangan windows dibandingkan dengan sistem operasi lain
  3. Fitur-fitur dasar yang ada pada windows
  4. Perbedaan windows XP step 2 dan step 3
  5. Arsitektur OS Windows
  6. Spesifikasi Windows
Sejarah Singkat Perkembangan Windows
Siapa tidak tahu sistem operasi yang satu ini? Hampir semua pengguna komputer  di seluruh dunia mengenal Windows dan berbagai varian sistem operasi yang dikembangkan Microsoft Corp. ini dari waktu ke waktu. Saat pertama kali diperkenalkan, Windows menjadi sistem operasi berbasis grafi s pertama yang dibuat Microsoft dan berhasil mengambil hati para pemakai komputer di tahun 80-an tentunya masih akrab dengan sistem operasi DOS (Disk Operating System). Sebelum mengembangkan Windows, Microsoft memang telah mempunyai MS-DOS (Microsoft - Disk Operating System). MS DOS sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), menjalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna dalam satu waktu (single user).   Pada tahun 1980, inspirasi atas popularitas MAC dengan Graphical User Interface yang diusungnya telah membuat Microsoft bertekat mengembangkan Windows, agar user dapat lebih nyaman dalam memakai sistem operasinya. Versi pertama Windows 1.x dirilis pada tanggal 10 November 1983, tapi tidak pernah keluar ke pasar publik sebelum bulan November 1985, karena banyaknya hambatan yang terjadi ketika pengembangan berlangsung. Windows 1.x sebenarnya merupakan sebuah paket GUI yang berjalan diatas sistem operasi DOS, oleh karenanya Microsoft memberi kode Windows 1.x sebagai Interface Manager. Windows mulai populer saat memasuki generasi ketiganya, Windows 3.x pada tahun 1992. Windows 3.x ini kemudian diperbaiki dan menghasilkan Windows 95, versi pertama Windows yang mulai merebut hati para pemakai komputer PC pada umumnya, yang dirilis pada tanggal 14 Agustus 1995. Bersamaan dengan itu diperkenalkan pula Microsoft Offi ce 95, rangkaian aplikasi pengolah dokumen yang akhirnya sangat berperan dalam membesarkan nama Windows.  Windows 95 membawa serangkaian inovasi yang sangat memanjakan user di era itu, seperti menu “Start”, yang merupakan pengganti Program Manager , sebuah menu untuk mengakses grup program. Sedangkan untuk pengganti File Manager, Microsoft memperkenalkan Windows Explorer. Selain itu Microsoft juga memperkenalkan browsernya, Internet Explorer dalam seri Windows ini.   Dari Windows 95, Microsoft kemudian mengembangkannya menjadi Windows 98. Dengan jargon ”Works Better, Plays Better,” Windows 98 merupakan versi Windows pertama yang didesain secara spesifik untuk konsumen. Windows 98 menawarkan beberapa perbaikan untuk AGP, USB, Plug and Play serta fi le system FAT32 dan Internet Explorer versi 4.

Kelebihan dan kekurangan windows dibandingkan dengan sistem operasi lain
Kelebihan :
      User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
      Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
      Banyak software berbasis Windows
      Dukungan driver yang lebih banyak
      Banyak orang pakai Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya. Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja.
      Karena systemnya sudah dishare untuk bisa dikembangkan (bukan di open lho), maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Terutama dunia usaha yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
      Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows.
      Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows.
      Kalau ada masalah mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari ahlinya juga tidak sulit disekitar kita.
Kekurangan :
  • Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
  • Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
  • Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
  • Sistem yang kurang stabil 
  • Banyak orang tahu bahasa pemrogamannya dan banyak orang pakai karena itu banyak juga yang buat virus untuk Windows dibanding yang lainnya (lebih cepat beken dan tersebar tentunya).
  • Karena semua orang atau software bisa utak-utik system Windows karena itu sering kali jadi ngadat dan ngaco
  • Ada banyak versi sehingga kalau mau yang powerfull harus bayar lebih mahal.
  • Ringkih, jadi kalau dipakai setahun, udah pasti anda harus membeli CPU baru demi performa karena OS anda sudah gak bisa dirapikan lagi. 
Fitur-fitur dasar yang ada pada windows
Sistem Operasi adalah suatu program induk yang berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan / aktifitas dari seluruh element di dalam Komputer. Karena begitu pentingnya fungsi sebuah sistem operasi untuk proses komputasi, maka perkembangan sistem operasi sangatlah cepat. Dalam perkembangannya Sistem Operasi Windows selalu mengalami perkembangan yang signifikan, baik dalam segi kinerja sebuah sistem operasi (performance kernel) dan tampilan visualisasinya (displaying shell).
Berikut ini adalah penjelasan apa saja fitur / kegunaan yang dimiliki oleh Sistem Operasi Windows XP :
  Managemen Proses
Pada saat Booting OS Windows XP akan memulai menjalankan / me-load Kernel-nya untuk menjalankan beberapa aplikasi yang mengatur Sumber Daya / Hardware yang berada di komputer seperti CPU time, memori, berkas-berkas, dan perangkat-perangkat I/O.
 Managemen Memori Utama
Seperti yang telah dijelaskan diatas salah satu program yang terdapat dalam Kernel Windows XP adalah program yang berfungsi untuk mengatur memori utama atau RAM (Random Access Memory). Berbagai aktivitas yang berkaitan dengan managemen memori seperti:
• Menjaga  track  dari memori yang sedang  digunakan dan siapa yang
                                               menggunakannya.
• Memilih program yang akan di-load ke memori.
• Mengalokasikan dan meng-dealokasikan ruang memori sesuai kebutuhan.
  Managemen Secondary-Storage
Sistem operasi Windows XP mengatur langsung akses dengan disk-management seperti:  free-space management, alokasi penyimpanan, penjadualan disk. Semua yang berhubungan dengan secondary-storage adalah harddisk, disket, dll.
  Managemen Sistem I/O
Dalam Windows XP terdapat jendela device manager yang berfungsi untuk mengatur semua hardware yang berhubungan dengan Input dan Output sebuah perangkat. Semua perangkat yang terhubung dengan komputer akan di atur didalam device manager semua-nya diatur dengan bantuan driver dari masing-masing perangkat sehingga dapat bekerja dengan baik.
 Managemen Berkas
Windows XP juga mengatur bagaima
na sebuah Berkas tersimpan didalam secondary storage. Berkas atau file dapat mempunyai struktur yang bersifat hirarkis (direktori, volume, dll.), windows XP mengatur file seperti berikut:
• Pembuatan dan penghapusan berkas.
• Pembuatan dan penghapusan direktori.
• Mendukung manipulasi berkas dan direktori.
• Memetakan berkas ke secondary storage.
• Mem-backup berkas ke media penyimpanan yang permanen (non-volatile).
 Sistem Proteksi
Karena Windows XP mempunyai fitur multi user maka jelas Proteksi / Keamanan haruslah menjadi hal yang sangat penting. Windows XP mengatur setiap akses yang diberikan kepada Jaringan
Windows XP sangat memudahkan user untuk terhubung dengan jaringan dimulai dengan plug&play, remote dekstop, sampai dengan network setup wizard. Sehingga masalah jaringan terlihat mudah dan dapat di atur oleh siapa saja tanpa kemampuan khusus dari user.
    Command-Interpreter System
Meskipun sudah berbasiskan GUI (Graphical User Interface) windows xp tetap menyediakan  Command-Interpreter System atau lebih dikenal dengan console / cmd. Berbagai perintah dapat langsung diketik melalui cmd ini.
  semua user tentunya dengan hak akses yang berbeda-beda.
Arsitektur OS windows

       Spesifikasi Windows
      Spesifikasi Windows XP:
      -Prosesor 233 MHz
      -RAM 64 MB
      -VGA 24 MB
      -3GB Free Harddisk Space

     Spesifikasi Windows Vista:
    -Prosesor 800 MHz
    -RAM 512 MB
    -VGA 64 MB
   -15GB Free Harddisk Space
   Jika ingin menggunakan tampilan Aero, maka:
   -Prosesor 1GHz
   -RAM 1 GB
   -VGA 128 MB dengan DirectX 9.0 Support

   Spesifikasi Windows 7
   -Prosesor 1GHz
   -RAM 1 GB
   -VGA 128 MB dengan DirectX 9.0 Support
   -16GB Free Harddisk Space

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates